Home » » Istilah Dalam Spesifikasi Smartphone

Istilah Dalam Spesifikasi Smartphone

Box

Istilah Dalam Spesifikasi Smartphone - Beberapa diantara Anda mungkin ada yang bingung dengan istilah-istilah yang ada pada spesifikasi ponsel. Jangankan Anda, saya saja yang 'tukang review' masih banyak ga taunya,hehe. Mari kita sama-sama belajar, Saya akan sharing tentang istilah-istilah yang sering muncul dalam review gadget. Yuk mari..

Pixels
Apa itu pixels?yang saya tahu ini adalah Band yang terkenal dengan lagu 'Anak Gudang', tetapi mungkin sekarang sudah bubar,hehe.

Nah, kata 'pixels' atau 'pixel' sering ada pada bagian ponsel yang terpenting, yaitu kamera. Biasanya tertulis 3MP, 8MP, 13MP dan seterusnya. Tidak hanya di kameranya, biasanya ada kelanjutan dengan tulisan resolusi 1280x960 pixels atau 640x480 pixels.

Pixels atau piksel atau picture elements adalah titik-titik kecil yang menjadi penyusun sebuah gambar. Biasanya suatu gambar akan terdiri dari ribuan bahkan jutaan piksel.

Makin besar piksel dan resolusinya, tentunya akan mempengaruhi kehalusan dan kejelasan gambar yang diambil.

Sensor
Biasanya pengguna baru akan bingung mengenai sensor yang sudah menjadi ciri khas smartphone itu. Biasanya ada tulisan seperti Accelerometer, Gyro, Proximity, Barometer, Compass, Humidity, Temperature dan Gesture. Jangan bingung, jangan resah, anda bisa pelajari selengkapnya di artikel SENSOR YANG ADA DI ANDROID DAN IOS

Video HD
Biasanya untuk smartphone yang high-end seperti Xperia Z, Galaxy S4 atau LG Optimus G Pro sudah dapat merekam video dengan kualitas HD. Apa sih kualitas HD itu?biasanya ditulis dengan 1080p@60fps atau ditulis dengan angka yang berbeda.

Video yang direkam dengan kamera yang mendukung video kualitas HD relatif lebih bagus dan lebih lembut, tidak patah-patah, mirip-mirip dengan hasil video yang direkam dengan handycam (kira-kira seperti itu :D ). Beda halnya jika ponsel Anda hanya mdapat merekam video kualitas VGA, maka kualitasnya sangat jelek sekali, patah-patah atau banyak semutnya,hehe.

2G, 3G, HSDPA dan HSUPA
Pernah baca kan istilah-istilah di atas?ga semua orang tau lho. Dalam spesifikasi ponsel, ini dapat menunjukkan kecepatan data ponsel tersebut. Memang sepele, tetapi banyak juga yang tidak tahu.

HSDPA a.k.a High Speed Downlink Packet Access dan HSUPA a.k.a High Speed Upload Packet Access adalah teknologi transfer data yang memiliki kecepatan 7.2 mbps hingga 14.4 Mbps.

Kalau 2G dan 3G anda semua pasti sudah tau dunk?2G atau Edge adalah kecepatan yang paling lelet diantara keempat itu. Saya bingung dengan pengguna BB Gemini yang mengeluhkan ponselnya yang lelet, padahal mereka sudah menyadari bahwa Gemini itu menggunakan jaringan 2G.

Maka dari itu, jika anda membeli smartphone, pilih yang sudah mendukung jaringan HSDPA atau HSUPA, dijamin ngebut deh browsingnya, tentunya didampingi dengan operator seluler yang tepat.

okay, sementara itu dulu yang bisa dijelaskan.bye :D

2 komentar:

  1. Balasan
    1. ups sekedar memberitahu..
      pixel itu yg kyk kotak2 gitu lebih tepatnya dari titik2, semakin kecil kotak2 itu semakin halus gambarnya(udh agan kasih tau)

      Hapus

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Official Android Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger