Home » » Mengembalikan App Bawaan System Android yang Hilang

Mengembalikan App Bawaan System Android yang Hilang

Mengembalikan App Bawaan System Android yang Hilang - Sering kali ada kendala yang kerap terjadi yang dialami oleh kebanyakan user Android. Diantaranya merupakan hal yang sepele seperti lock pattern yang tidak bisa dibuka padahal gesture nya sudah benar, kondisi baterai yang selalu penuh 100% sepanjang hari, foto-foto di galeri yang tidak nampak padahal folder foto nya ada dan sudah benar, dan lain-lain.

Selain itu juga, salah satu hal yang juga familiar yang sering didapati oleh user Android yakni hilangnya app bawaan system Android tanpa sebab yang jelas. Kasusnya sama seperti yang baru saja dialami oleh salah seorang yang mengirimi saya pesan di WhatsApp.

Baik di tutorial Mengembalikan App Bawaan System Android yang Hilang ini akan saya ulas sedikit mengenai hal tersebut, jadi simak baik-baik.

Umumnya, menurut pengamatan saya ada tiga kemungkinan yang bisa menyebabkan app system Android kita hilang.

1. Aplikasi Android Hilang karena Data / Cache / Dalvik Cache / Temporary File

Pada beberapa kasus, temporary file selain membuat memori Android kita terkuras habis juga bisa menyebabkan aplikasi crash. Yang paling parah yang pernah saya alami, dalvik cache bisa 'menyembunyikan' aplikasi bawaan Android saya.


Dalvik Cache merupakan temporary file yang akan terus menerus menumpuk di setiap kali kita membuka sebuah app Android.

Cara mengatasi problem ini (Android v4.0) masuk ke Settings lalu pilih Apps, geser ke ALL dan pilih app mana yang tadi hilang kemudian buka dan pilih Clear Data.

Mengembalikan App Bawaan System Android yang Hilang

2. Aplikasi Android Hilang karena Dihapus / Terhapus

Yang ini jelas ya? Hilang nya bukan karena apa melainkan karena siapa. Jangan sampai anda mengeluh app bawaan anda hilang entah kemana perginya padahal hilangnya karena sudah dihapus.

Cara balikinnya, inject lagi saja app nya ke dalam /system/app/ dan jangan lupa untuk merubah permissions nya.

Mengembalikan App Bawaan System Android yang Hilang

3. Aplikasi Android Hilang karena Crash dengan Aplikasi Lain

App Android bisa hilang karena crash dengan aplikasi-aplikasi lain. Biasanya aplikasi lain tersebut merupakan aplikasi-aplikasi yang serupa tapi tak sama dalam arti fungsinya yang sama.

Solusinya, pertama check dulu apakah crash nya menyebabkan kedua-duanya menjadi hilang atau tidak. Kalau iya, hapus salah satu dari kedua app tersebut. Kedua, check apakah crash nya menyebabkan salah satu APK di system hilang. Kalau iya, maka artinya salah satu app yang hilang itu tertumpuk dengan aplikasi yang sekarang ada.

Bagaimana dengan masalah anda? Apakah tutorial singkat ini sama dengan apa yang anda alami sekarang ini?

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

14 komentar:

  1. duh punya ane hapus launcher bawaan dan menggantinya eeeh smua layar sentuh gk berfungsi gak bisa buka kuncinya gmana solusinya bisa bantu???

    BalasHapus
  2. Gan saya pake sony xperia L.aplikasi kamera bawaannya hilang.awaly crash tp begitu saya forve stop mlah hilang entah kemana?gimana ソソªªªª cara nhembaliinnya?

    BalasHapus
  3. cara no.2 itu gimana maksudnya gan?

    ane yg ilang keyboard, di install in smart keyboard pro gak nempel ey... terus ane copy .apk nya ke system/app terus ubah permissionnya sesuai yg diatas terus di install... tetep gan hasilnya gak ngaruh..

    bisa tolong di jelasin maksudnya disini "inject" itu kyk gimana
    thx

    android 2.3.6

    BalasHapus
  4. min tlong bantu sya file manager sy hlang stelah sy reset ulang mhon d'bntu minn

    BalasHapus
  5. gan gmna caranya mengembalikan aplikasi bwaan yg sdah terhapus

    BalasHapus
  6. min yg no.2 d perjelas dong, soal.y msalah android sya yg itu, ad beberapa aplikasi bawaan seperti phone, sim toolkit, dll yg gak sengaja ke hapus, plis bantuannya
    hp saya venera dn android 4.0.4

    BalasHapus
  7. Gan Xperia L gue aplikasi kameranya hilang pas abis clear data

    Itu cara balikinnya gimana T.T

    BalasHapus
  8. Gan browser ane gk bisa downlod,nampilin halaman nya pun gak penuh,HH udah d root dn ane pasang clean master,mungkin gak ya ada file yg ikut terhapus?gmn cara ngatasin nya?.thx

    BalasHapus
  9. gan gimana sih kembalikan aplikasi common data service yg saya hapus permanen pake root explorer

    BalasHapus
  10. Gan... Saya pake Samsung (SM-G130H)
    Semua Aplikasi bawaan/Sistem Udah ane hapus setelah rooting.
    Masalahnya Tombol home gak dan Menu Gak berfungsi setelah ane hapus app sistemnya, bukan hanya itu, tapi Papan tombol juga selalu mengalami masalah akibat app sistemnya yg terhapus. ane udah reset ke setting pabrik tapi gak ada perubahan... Nhi solusinya gimana Gan....???

    BalasHapus
  11. Cara mengembalikan pemutar musik yg bawakaan hp samsung core hilang gimana cara nya??

    BalasHapus
  12. Cara mengembalikan pemutar musik bawaan dari xiaomi redmi 1s yg hilang gimana gan..?

    BalasHapus

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Official Android Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger