Home » » Memperbaiki Android yang Bootloop (Gagal Start Up)

Memperbaiki Android yang Bootloop (Gagal Start Up)

Memperbaiki Android yang Bootloop (Gagal Start Up) | Hari ini saya ada project membetulkan handphone milik teman saya (Xperia X10 Mini Pro) yang bootloop (gagal start up) entah karena dia apakan saya juga tidak tahu, yang jelas handphone tidak bisa dinyalakan, bahkan tidak muncul logo Sony Ericsson pada waktu start up. Yang keluar justru logo warning beserta gambar handphone disebelahnya.

Awal mula saya tanyai bagaimana bisa handphone nya ini bootloop, dia jawab katanya pengen upgrade ke ICS. Dia bilang sudah berhasil melakukan root beserta bootloader setelah itu langsung ganti kernel dan tiba-tiba muncul error.

Ada yang tahu apa sebabnya bootloop?
Kemungkinan karena ROM nya masih stock kemudian langsung diganti kernel ICS tanpa install recovery pula (Xrecovery atau CWM).

Ia juga mengatakan katanya iseng nyoba-nyoba tutorial dan ia juga sudah bersumpah-sumpah kalau ia sudah mengikuti steps by steps yang dituliskan namun saya pikir ada yang ketinggalan :D

Jangan main-main ya sama yang namanya Flashing. Dulu saya sendiri waktu belajar flashing secara otodidak ndredeknya minta ampun. Bahkan saya sendiri pernah hampir merusak 100% firmware N70 milik saya sendiri waktu belajar.

Oke, ada beberapa cara untuk Memperbaiki Android yang Bootloop (Gagal Start Up). Beruntung kalau anda sudah menginstall recovery, tinggal masuk ke recovery kemudian flash ulang ROM anda atau di wipe saja sudah cukup -kadang-. Namun untuk kasus seperti yang teman saya alami ini tentu saja tidak bisa.
Kalau di ibaratkan anda hanya perlu pergi ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan. (Untuk yang memiliki recovery)
Anda harus dibawa ke UGD, kalau tidak anda mustahil sembuh. (Untuk yang belum menginstall recovery)
Memperbaiki Android yang Bootloop (Gagal Start Up)
Screenshot terakhir - Flash Android Menggunakan Flashtool
Solusinya yaitu dengan mem-flash ulang ROM. Bisa secara online (menggunakan software SEUS/PC Companion) namun menurut saya resikonya sangat besar. Memerlukan internet yang stabil dan cepat.
Untuk itu lebih baik di flash secara offline (menggunakan FlashTool).

Pertama install software Flashtool nya, kemudian buka dan flash seperti biasa dengan ROM Stock Xperia X10 Mini Pro FTF yang sudah anda miliki sebelumnya (download disini). Selanjutnya setelah proses flashing selesai, handphone akan start up sendiri dan walla.. Selamat.

Tinggal menunggu bayaran besok :)

*Untuk tutorial flashing menggunakan Flashtool silahkan cari di kategori Flashing, Tutorial & Modding

*Referensi lain :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Official Android Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger