Home » » Tutorial Cara Install Recovery di Android

Tutorial Cara Install Recovery di Android

Tutorial Cara Install Recovery di Android – Satu yang belum pernah saya singgung mengenai tutorial android dasar yaitu cara install recovery (Xrecovery dan CWM). Padahal dasar dari flashing yang sering saya bicarakan itu ada pada recovery nya.
 
Recovery, atau bila diartikan menjadi “pemulihan” yaitu sebuah option layaknya seperti command prompt khusus android yang fungsinya antara lain untuk wipe (menghapus seluruh data system ke settingan awal), install custom rom, backup rom, wipe dalvik cache dan lain-lain –tergantung versi recovery-, biasanya saya gunakan pada saat ponsel saya mengalami bootloop setelah salah ganti font atau salah meng-overclock untuk menambah performa android.
 
Lalu bagaimana cara menggunakannya? Katanya digunakan pada saat ponsel bootloop. Bootloop bukannya ponsel tidak bisa masuk ke homescreen ya? Jangan salah dulu, ini tidak seperti aplikasi pada umumnya. Recovery bisa kita gunakan hanya pada saat ponsel booting –dalam keadaan off-. Jadi tidak perlu masuk ke menu homescreen. Baca ulasan saya berikutnya.
 
Untuk ponsel type Samsung, setahu saya sudah ada recovery bawaannya. Cara menggunakannya matikan ponsel dan tekan tombol volume up + home button + power. Seperti ini screenshot recovery mode samsung :

Xrecovery.zip, xrecovery, samsung recovery
Recovery Mode Samsung
Sedangkan android type xperia, kita harus menginstallnya secara manual. Entah kenapa kok vendornya tidak langsung memasangnya pada saat di pabrik.
 
Xrecovery.zip, xrecovery, android recovery
Xrecovery.zip
Berikut ini adalah Tutorial Cara Install Recovery di Android (Xrecovery) :
 
Pertama siapkan ponsel type xperia (saya pakai Xperia X10 Mini) yang sudah di root. Pastikan anda memiliki file manager seperti root explorer guna memindahkan data ke system.
 
Download data xrecovery disini, kemudian taruh di SDCard atau dimanapun yang anda suka. Nanti didalamnya ada tiga file yaitu busybox, chargemon, yang satunya lagi xrecovery.tar, extract dan taruh ke system/bin/ menggunakan file manager tadi.

Rubah permission tiga file tadi menjadi rwxr-xr-x.

Jangan lupa anda ganti system anda menjadi r/w (read and write) apabila ingin menaruhnya ke system.
 
Sudah siap, xrecovery anda sudah bisa digunakan.

Xrecovery.zip, xrecovery, android recovery
/system/bin/
Sekarang matikan ponsel anda. Kemudian nyalakan dan tekan tombol back (tombol paling kanan) secara berulang-ulang –bukan di tahan/ hold- hingga anda lihat tampilan seperti dibawah ini :
 
Xrecovery.zip, xrecovery, android recovery
Xrecovery
Itulah xrecovery yang baru saja anda install. Mudah bukan? Lain waktu akan saya share cara install CWM recovery untuk android.
 
Satu lagi, segala resiko yang anda alami bukan menjadi tanggung jawab saya. Apabila anda mengikuti petunjuk yang tertera diatas, saya pastikan xrecovery anda terinstall dengan benar.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Official Android Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger