Home » » Cara Install ROM MiniCM7-2.2.2 Gingerbread 2.3.7 Xperia X10 Mini Pro

Cara Install ROM MiniCM7-2.2.2 Gingerbread 2.3.7 Xperia X10 Mini Pro

Cara Install ROM MiniCM7-2.2.2 Gingerbread 2.3.7 Xperia X10 Mini Pro - Tutorial ini merupakan request dari salah seorang pengunjung bernama UDINE PAY. Tadi pagi sekitar pukul 03.25 WIB handphone saya berdering dan ternyata itu merupakan notifikasi G+ yang menandakan ada komentar masuk. Waktu itu baru saja saya selesai sahur dan kebetulan laptop sama modem masih saling terkoneksi lalu saya check pesan dari mas UDINE tersebut.

UDINE PAY | 03.25
gan instal cm7-v2.2.2 di x10 minipro gmn?
tolong pencerahannya :-)
pay
 

Yusron Kristanto | 03.34
nanti saya buatkan tutorial :) 

UDINE PAY | 07.53
Ok, sy tunggu masbro.

Baik cara install custom ROM itu tidak sulit. Beberapa hari yang lalu sudah saya post Tutorial Cara Install Custom ROM Android meskipun hanya sebatas prinsip saja. Untuk instalasinya biasanya cukup menggunakan CWM Recovery. Tapi tidak hanya sebatas itu. Terkadang masih ada hal lain yang harus kita kerjakan sebelum flashing. Ya tergantung dari ROM apa yang akan kita install. Seperti MiniCM7-2.2.2 untuk X10 Mini Pro ini.

Mendengar MiniCM7-x.x.x rasanya sudah tidak asing lagi buat saya (mengingat saya mantan pengguna Xperia X10 Mini). ROM MiniCM7 merupakan ROM Gingerbread basic buatan CyanogenMod. 

ROM ini sejarahnya sudah lumayan panjang dari awal rilisnya pada akhir 2011 bernama MiniCM7-2.0.0 hingga update terbarunya muncul beberapa minggu yang lalu yakni MiniCM7-2.2.2. Berarti kurang lebih sudah 22 kali ROM ini mengalami revisi kan ya? Mungkin bila anda jeli, kenapa jangka waktu update nya cukup lama karena MiniCM7 yang dikembangkan oleh nobodyAtall a.k.a nAa pernah beberapa kali terbengkalai tidak diurus, paling lama update yang terakhir ini dari MiniCM7-2.2.1 ke MiniCM7-2.2.2. Alasannya karena nAa kini sudah tidak lagi mengeksplor Xperia 2010 melainkan sudah berpindah ke Xperia 2011.

MiniCM7-2.2.2 sudah sangat stabil (STABLE). Semuanya working.

Beberapa fitur basic andalannya seperti :
  • Built for LDPI
  • MiniCM Update notifications via c2dm (CM Settings -> System -> Update notifications)
  • App2sd / Dalvik2sd compatible with 2.1 app2sd (storing to ext2/3/4 pre-existing partition is detected and mounted as such)
  • Gingerbread's native App2sd (storing to fat)
  • In kernel ClockworkMod recovery v5.0.2.7 and option to reboot into Recovery
  • Modular Undervolting and Overclocking handled CM Settings menu (by default none is active)
  • Extra CM Performance Settings menu for SD Read Cache Speed
  • Extra CM Settings display menu for Ultra brightness
  • Smooth 2D scrolling in menus
  • Dual touch in kernel
  • Mddi lag fix in kernel
  • Native Wifi Hotspot
  • Native USB tethering
  • Flashlight toggle from lockscreen
  • Most of the core components are built from sources
Mari saatnya kita melakukan langkah-langkah Cara Install ROM MiniCM7-2.2.2 Gingerbread 2.3.7 untuk Xperia X10 Mini Pro

A. Persiapan

Syarat yang harus dipenuhi untuk menginstall ROM ini yaitu :
B. Fase Eksekusi

Jadi persiapkan semua kebutuhan yang saya sebut diatas. Unlock bootloader berfungsi untuk membuka kunci loader supaya X10 Mini Pro anda bisa dirubah kernelnya. Baseband 015 merupakan baseband custom.

*Sebelum install Custom ROM ada baiknya anda membackup data-data penting seperti contact, pesan, aplikasi, karena setelah flashing itu semua nanti akan hilang. Referensi : Mengembalikan Aplikasi yang Hilang Setelah Flashing atau Ganti SDCard

Hal pertama yang harus anda kerjakan yaitu merubah kernel dengan flashing melalui Flashtool. Setelah flashing kernel selesai, anda akan mendapatkan CWM Recovery terinstall di Xperia Mimmi anda. Cara masuknya setelah Mimmi anda baru mau menyala cepat tekan tombol back berulang-ulang sampai masuk ke menu CWM Recovery.

Di menu CWM, pilih Wipe data / factory reset dengan menekan tombol volume untuk menaik turunkan cursor dan tombol home untuk OK. Selanjutnya geser ke install zip from sdcard lalu choose zip from sdcard. Pilih ROM MiniCM7-2.2.2 yang sudah anda pindah kemudian klik OK. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Satu lagi, lakukan hal yang sama untuk Google Apps nya.

Beres, sekarang reboot dan tunggu beberapa menit. Mungkin proses booting untuk yang pertama kalinya ini cukup memakan waktu karena ROM nya masih 'menyesuaikan'.

Bila booting ini berhasil, saya ucapkan selamat Mimmi anda kini sudah berganti menjadi Gingerbread :)

Cara Install ROM MiniCM7-2.2.2 Gingerbread 2.3.7 Xperia X10 Mini Pro

Jangan lupa karena ini merupakan ROM dari CyanogenMod, didalamnya pasti ada menu CyanogenMod Settings (Performance). Silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya karena di menu tersebut sudah tersedia semua yang anda butuhkan. Baca Cara Setting Menu Performance pada ROM Cyanogenmod sebagai panduan.

Demikian tutorial install ROM MiniCM7-2.2.2 ini, semoga berguna bagi mas PAY dan bagi kita semua.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Official Android Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger