Home » » Mengembalikan Sinyal Android yang Hilang Mendadak

Mengembalikan Sinyal Android yang Hilang Mendadak

Mengembalikan Sinyal Android yang Hilang Mendadak - Android merupakan system operasi yang masih tergolong baru, bersifat open source untuk Smartphone dan Tablet. Dengan menggunakan Android, kita akan merasakan pengalaman baru dalam berinteraksi, berkomunikasi dan berkreasi. Karena apa? Android memiliki sejuta fitur yang pada umumnya belum ada di system operasi Smartphone lain.

Android kaya akan sejuta fitur. Beberapa diantaranya mencakup fitur-fitur yang sudah umum seperti Auto rotation, Brightness sensor, fitur anti air atau fitur lain seperti yang baru diperkenalkan oleh Samsung beberapa waktu ini yaitu Air Gesture. Air Gesture atau yang biasa disebut Flying Touch memudahkan kita dalam mengoperasikan android. Kita hanya perlu melayangkan tangan kita kearah yang kita mau tanpa menyentuh layar tersebut, secara otomatis ponsel akan merespon gerakan tangan kita tadi. Tentunya itu akan memudahkan kita nanti dalam mengoperasikan android misal bila tangan kita sedang kotor atau basah atau yang lain.

Baik itu tadi hanya sepucuk pembahasan mengenai android beserta kehebatannya, kembali ke topik pembahasan kali ini saya akan menjawab beberapa permasalahan yang kerap kali muncul pada kebanyakan user android, yaitu soal jaringan. Mungkin ini sepele namun susah juga kalau kejadian.

Android yang kini sudah banyak yang memakai teknologi LTE, teknologi jaringan tercepat setelah HSPA sering kali mengalami gangguan terhadap jaringan. Sebetulnya bukan hanya android namun kebanyakan OS lain juga sering mengalami kejadian yang mirip. Seperti hilang jaringan sinyal pada waktu berpindah tempat, hilang sinyal pada saat ponsel berada diruang yang tertutup/didalam tas, hilang sinyal dengan sendirinya, atau hilang sinyal setelah ganti kartu provider. Biasanya itu semua terjadi belum tentu karena kesalahan kita namun bisa jadi error semacam itu muncul karena pihak operatornya. Namun alangkah baiknya bila anda mengikuti tutorial saya dibawah ini.

Sebelum anda melakukan cara-cara yang rumit, coba diingat-ingat bagaimana jaringan sinyal anda bisa hilang. Apakah ponsel android nya habis terjatuh, atau tiba-tiba menghilang begitu saja saat anda sedang memakai layanan internet atau sesudah menelepon seseorang. Kalau hilang sesudah ponsel jatuh, jangan tanyakan kepada saya tapi tanya ke tukang servis.

Mengembalikan Sinyal Android yang Hilang Mendadak
Mengembalikan Sinyal Android yang Hilang Mendadak

Langkah awal yang harus anda lakukan,
  • Pertama masuk ke Settings
  • Pilih Wireless & Networks
  • Pilih Mobile Networks
  • Pilih Network Operators
Langkah pertama kita harus mengetahui kenapa sinyalnya bisa hilang dengan cara mencari jaringan operator. Bisa jadi sinyalnya hilang karena operator anda sedang tidak tersedia didaerah anda sekarang. Sebagai contoh, anda memakai operator "A" misalkan. Setelah anda cari didalam Network Operators, yang keluar justru operator "X" dan "Z".

Bila seperti itu adanya mungkin solusinya anda perlu keluar dari dalam rumah untuk mencari sinyal. Atau bila masih belum juga mendapatkan hasil, mungkin anda harus pergi ke pusat kota. Dijamin sinyal android anda full.

*Kebanyakan masalah diataslah yang menjadi kunci pemecah masalah ini.

Kedua, kita harus memastikan sedang berada dimana Mode Jaringannya.
  • Pertama masuk ke Settings
  • Pilih Wireless & Networks
  • Pilih Mobile Networks
  • Pilih Network Mode
Lihat apakah mode jaringan berada di WCDMA Only, GSM Only, atau WCDMA Preferred. WCDMA merupakan jaringan HSDPA.

Inti yang bisa anda ambil, bila jaringan berada di WCDMA Only, android hanya akan menerima jaringan WCDMA (HSDPA). Jaringan GSM tidak ikut. Dengan kata lain, bila daerah sekitar anda tidak ada jaringan HSDPA maka sinyal bar anda akan terisi kosong sampai jaringan HSDPA tersedia.

Sedangkan GSM Only sama seperti WCDMA Only. Bedanya GSM Only hanya menerima jaringan GSM saja.
 
*Pernah saya mengalami kasus sejak jam 1 siang hingga menjelang maghrib tidak saya dapatkan satu pun kotak sinyal bar. Pada waktu itu saya sedang berada didaerah perbatasan antara Ponorogo dengan Pacitan (daerahnya hampir mendekati gunung). Saya jengkel. Kenapa kok android saya sinyalnya kosong. Awal mula saya pikir karena ini faktor alamnya.

Namun saya bingung dari tadi kok teman saya tetap asyik SMS'an. Saya lihat, ia juga memakai provider yang sama seperti milik saya. Alhasil saya pun mulai curiga dengan android berbody kecil ini. Saya otak-atik, "Lhoh kok WCDMA Only" :D (Yusron K)

Untuk tutorial diatas hanya bisa dilakukan pada Gingerbread. ICS dan Jelly Bean setahu saya secara default WCDMA Preferred (diprioritaskan WCDMA). Bila hal ini kejadian di ponsel android ICS/Jelly Bean anda, silahkan masuk ke dialer lalu ketik *#*#4636#*#* kemudian pilih Phone Information. Geser kebawah dan cari Network Mode nya.

Semoga referensi diatas bisa menjadi wawasan baru bagi anda semua. Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya dan silahkan masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

2 komentar:

  1. Selain *#*#4636#*#* ada kode lain gk gan yg kegunaan sama soale ace 3 ane kagak mempan gan...

    BalasHapus
  2. kalau sinyal masih tetep hilang perlu dibawa ke tukang servis ini...
    alat service laptop

    BalasHapus

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Official Android Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger