Home » » Meningkatkan Performa RAM / Optimalisasi RAM

Meningkatkan Performa RAM / Optimalisasi RAM

Terkadang android device anda memiliki RAM yang kecil dan sering kali ponsel android anda menjadi lambat dikarenakan aktifitas dari aplikasi yang terlalu berlebih, pada umumnya beberapa pemakai android menggunakan task manager untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan dengan tujuan mengurangi beban RAM, namun anda tidak perlu repot-repot harus mematikan aplikasi pada android anda dengan menggunakan task manager/task killer. Mari kita berbagi bersama tentang tips untuk meningkatkan performa RAM.

Apakah RAM itu?
RAM atau Random Access Memory merupakan hardware tempat penyimpanan data sementara sebelum di akses oleh processor, data di RAM diakses secara acak (random) dan dengan kecepatan yang sama. Karena bersifat sementara maka data dalam RAM akan hilang begitu tidak ada aliran listrik atau komputer di matikan atau direstart.


Cara melihat RAM pada android anda

Untuk melihat RAM android, yang paling gampang adalah anda dapat mengunakan aplikasi android memory info

Untuk meningkatkan performa RAM, sebelumnya kita harus manage android kita dan jumlah pemakaian RAM yang ada, oleh karena itu dalam pengoptimalan RAM ada beberapa langkah:

Langkah I dengan RAM script optimizer
Yang dibutuhkan:
1.Android device yang telah mempunyai akses ROOT
2.Xplorer yang bisa mengakses root system (ES File Xplorer, Root Xplorer, etc)
3.Script RAM Optimizer download di sini

Caranya:
1.Pastikan Android kita telah di root.



2.Buka root Explorer dari ponsel Android kita. Lalu ekstrak script ram optimizer.


3.Pindahkan script ram optimizer ke dalam folder "system/etc/init.d/". Jika belum ada folder init.d kita bisa membuatnya manual namun setting hak aksesnya menjadi write dengan mengklik di pojok kanan atas aplikasi root explorer dari R.O menjadi R.W (dikarenakan beberapa ROM tidak terdapat folder init.d)
Pertama pilih folder "system" setelah itu set untuk mendapat akses write dengan klik "mount R/W" set permission "mark all" (sumber: pembuat script)


Setelah itu klik tombol menu dan pilih "new folder"
Pindahkan script tadi ke dalam folder "init.d"
4.Jika sudah, restart Android anda dan lihatlah hasilnya.


Langkah II manage statup android dan boost memory
Manage statup android juga sangat mempengaruhi kinerja RAM pada saat anda melakukan booting pada android, untuk manage statup anda dapat menggunakan aplikasi yang dapat anda unduh pada google play store sebagai contoh statup manager pro, android assistant, etc
Untuk boost memory anda dapatkan juga aplikasinya di google play store sebagai contoh menggunakan memory booster full version.

Langkah III aplikasi alternatif
Dikarenakan tidak semua ROM support pada langkah I, maka anda dapat menempuh langkah II atau langkah III dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, RAM Manager yang dapat anda download dengan klik gambar di bawah ini.

Langkah IV manage aplikasi anda
Manage aplikasi sangat penting, tanpa manage aplikasi, langkah-langkah yang anda tempuh di atas kurang lengkap. Karena aplikasi yang berjalan di belakang system sangat lah berpengaruh terhadap kinerja RAM anda.
Hapuslah aplikasi yang tidak anda gunakan, selain memperbesar storage juga akan mempengaruhi kinerja RAM karena beberapa aplikasi berjalan di balik system RAM, selain itu storage yang besar juga akan berpengaruh untuk menyimpan cache sementara dalam membantu kinerja RAM. Oleh karena itu janganlah anda penuhi storage anda khususnya internal storage.
Sumber artikel: http://maxiandroid.blogspot.com/2012/04/meningkatkan-performa-ram-optimalisasi.html

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Official Android Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger